About Me

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
me? just try to figure it out by ur self! check my another blog : http://blueismycolour.wordpress.com/ FB & YM : ivy_puppy@yahoo.com follow me @ivypuppy

Tuesday, March 3, 2009

Cerita dari Solo...

Hanya sehari saya sempat menikmati kota nan rapi itu...
Belum bisa dikatakan cukup untuk mengenalnya dengan baik, tapi cukup untuk membuat saya berdecak kagum akan kerapian dan tertatanya sebuah kota.. Jika Solo dilihat dari sebuah heli mungkin akan terlihat seperti kotak-kotak korek api yang berjejer dengan rapinya.. Hanya ada satu jalan besar! Slamat riyadi! jalan luruss yang begitu panjang.hahaha... Ketika sabtu kemarin kita berkeliling dengan becak kami menemukan sebuah keraton! Terlihat begitu tidak menarik dari luarnya, apalagi terletak agak ke samping belakang dari sebuah lapangan rumput besar, ragu tapi akhirnya kami coba untuk melawatnya. Dimulai dengan lebih tertarik pada monumen kuno di seberang monumen tersebut, setelah sesi fto2 barulah kami memasuki
keraton tersebut. Saya ingat, bayarannya per orang hanya 2500 rupiah.. heheeh.. membuat saya semakin tidak yakin dengan apa yang akan saya dapatkn di dalam sana.. Tetapi persepsi n dugaan saya terbukti salah begitu bbrp langkah saya melangkahkan kaki di sana. Keratonnya sungguh mengah!! Disambut dengan kolam dan air mancur yang bergaya romawi!! ya romawi... serta pilar2 yang terbuat dari tembaga asli.. bayangkan berapa beratnya pilar tersebut!! Gelooo... ini jauh lebih mewah dibandingkan keraton jogja!! Belum lagi barang2 peninggalan berharga yang ada di dalamnya, serta cerita dan sejarah yang juga terpatri di sana..

Di langit2 keraton tersebut ada 8 warna yang punya tujuan masing2...
Gambar2 tersebut bertujuan untuk menolak segala macam hal yg jahat, tiap warna punya tugas yg berbeda :
kuning --> ngantuk
biru --> musibah
hitam --> lapar
hijau --> stress
putih --> sex
orange --> ketakutan
merah --> kejahatan
ungu --> pikiran jahat

Selain itu juga ada gamelan berumur ratusan tahun yang namanya lucu banget.. "kyai kanyut masem"
Kata Pak Budi tour guide kami artinya kyai terhanyut dalam senyuman! hahaha.. so funny!
Keraton Solo ini begitu kental dengan percampuran budaya! Patung2 romawi dan china sangat banyak tersebar di sana.. Masih ada satu hal lucu lainnya! pernah mendengar tentang celana besi?? celana yang digunakan untuk menjaga keperawanan bagi putri2 di eropa sana?? hahaha...
Serupa tapi tak sama, benda tersebut adalah lho di keraton mangkunegara Solo! >,<
Tak lain n tak bukan gunanya untuk menjaga agar tidak terjadinya perselingkuhan ketika Sri Sultan sedang tidak berada di tempat! Percaya atau tidak.. Buat sultan nya sendiri juga ada!! Kata si Pak Budi, itu pernah digunakan oleh Mangkunegara 1 ketika dia akan pergi berperang!!
( ada pertanyaan menggelitik sih!! emang bisa ya naik kuda make gtan!! Pak Budi cuma cengar cengir mendengarkan pertanyaan saya.. >,< )
Sultan memasangkan gembok istrinya, begitu sebaliknya. Tapi tidak seperti celana besi yang menggunakan gembok, benda tersebut konon katanya digunakan dengan menggunakan mantra! Jadi mantra yang akan menjaga benda tersebut tetap terpasang di tempatnya.. Kocak ya?? Apa mungkin ini jawaban bagi para istri untuk para suami yang berselingkuh?
hahaha..... hanya gurauan iseng saja! Tapi sungguh disayangkan bagian itu tidak untuk dipublikasikan!!
tidak diizinkan mengambil gambar di tempat penyimpanan tersebut.. Yang penasaran dan berniat melihat, boleh langsung datang saja ke Solo dan jangan lupa makan timlo sastro n surabi notokusuma ya!!
Untuk oleh2 bisa membeli kue mandarin atau orion! wkwkwk...
Tak banyak lagi yang bisa saya ceritakan karena setalah terburu-buru membeli kue mandarin jam set 1 siang kami segera menggunakan taxi menuju bandara jogja untuk mengejar penerbangan kembali sore itu jam 3 kurang 5 lebih tepatnya..
Untung saja tidak ditinggal pesawatnya... ^^
wkwkkw....

NB :
Buat fto nya tar nyusul ya!!
inet di kost dudutz banget.. image na ga ke upload2 ! T_T

Bandung, 2009-03-03
ivy

1 comment:

Henry Hongdoyo said...

Lama bener fotonya di upload... mau kesana liat fotonya dulu donk...