About Me

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
me? just try to figure it out by ur self! check my another blog : http://blueismycolour.wordpress.com/ FB & YM : ivy_puppy@yahoo.com follow me @ivypuppy

Tuesday, April 28, 2009

Cerita usang yang lebih manis ketimbang durenn…

Cerita usang ini termuntahkan ketika kami sedang menikmati es duren di Bengkel Duren yang baru dibuka di sekitar ciumbuleit. Kami BK-ers yang sedang usil setelah nonton beautiful mind di bioskop BR 2 (kamar widi) atas komporan si Ibu RT, terbujuk untuk mencicipi rasa es duren di Bengkel Duren. Berawal dari bujukan dan rayuan tersebut, jadilah acara maraton malam mencari sesuap duren (halahh.. )

Seingat saya, kami keluar sekitar jam setengah 9 malam. Sepanjang perjalan tersebut, kami berdoa semoga saja Bengkel Durennya belum tutup. Walau sudah ada celutuk asal dari Bu Pudel yang menyarankan untuk mencari cendol kacang padi ke Gandok seandainya es durennya tutup.

Ternyata doa orang-orang heboh ini didengarkan Tuhan, Bengkel Durenya belum tutup! Sepi banget, lebih tepat dikatakan ga ada orangnya. Hanya kami pelanggannya malam itu. Sempat ragu untuk masuk, tapi mengingat perjuangan untuk mencapai tempat itu, segera kami masuk ke sana.

Kecewa banget mendapati apa yang tertulis pada menunya. Hanya ada duren dengan berbagai sirup dan toping. Benar-benar jauh dari bayangan yang kami tentang nama Bengkel Duren tersebut. Awalnya saya berpikir ada banyak makanan dari duren di sana, atau setidaknya ada berberapa macam es duren yang dibuat dalam berbagai versi, ternyata! Berhubung uda nyampe, kami memutuskan untuk tetap mencoba biar ga merasa rugi uda maraton malam-malam.

Tanpa menunggu komando, kami mulai bergosip menunggu es plus duren pesanan. Maklum..yang namanya wanita ga bakal jauh-jauh dari gosip dan sepupunya. Lupa persisnya siapa yang memulai,kami sampai pada cerita tentang permainan masa kecil di kota masing-masing. Kebetulan kami berempat berasal dari kota yang berbeda-beda.

Dimulai dengan permainan masak memasak khas mainan anak-anak zaman dulu. Daun yang ditumbuk-tumbuk, batu yang digilas sampai hancur, semua klasik dan sama persis. Sedikit aneh, tapi ternyata semua anak di Indonesia memainkan permainan yang sama ketika seumuran kami. Bermain Gala, Semba lakon, Cipdor, atau semua sebutan yang dikenakan pada permainan itu.

Cerita-cerita usang tentang segala macam permainan kecil yang mewarnai obrolan kami sungguh lebih manis ketimbang rasa durenya sendiri. Thank fren buat berbagi kenangan-kenangan manis semasa kecil, benar-benar membuat saya ingin kembali lagi. Kita bermain permainan minta anak?

“Saya orang kaya..saya orang miskin! Saya minta anak.. Namanya siapa? …” Ada yang ingat potongan lagu permainan ini? Cerita usang waktu itu berhasil menstimulat kenangan kecil saya, semoga potongan lagu di atas juga dapat member efek yang sama pada anda. Hahaha..


Bandung,2009-04-28

ivy




2 comments:

Henry Hongdoyo said...

cerita masa kecil emang lucu & bahagia... tapi saya sudah lupa tuch semua permainan masa kecil yg aneh2... xixixi *lagi bermimpi indah memandangi layar monitor*

Ivy.Puppy said...

hahaha...
ada baik na diingat2 lagi lho..
lumayan buat ngilangin stres plus bs ingat lg gmn bahagianya jd anak kecil..
miss that moment!! >,<