About Me

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
me? just try to figure it out by ur self! check my another blog : http://blueismycolour.wordpress.com/ FB & YM : ivy_puppy@yahoo.com follow me @ivypuppy

Saturday, April 4, 2009

kebahagian = terbaik ?

Semuanya diawali dengan sebuah SMS yang masuk ke HP saya. SMS dari nomor yang tidak saya kenal, masih asing. Waktu sms itu masuk saya tidak terlalu menanggapi dengan serius, apalagi dari nomer tak dikenal. Membaca sekilas lalu membiarkannya tanpa memikirkannya lebih lanjut, maklum sedang cukup heboh ketika itu. Beberapa hari kemudian ketika saya sedang iseng membersihkan inbox HP, saya menemukannya. Isi SMS itu sungguh membuat saya sedikit terpesona dan mematung sementara untuk menelaah lebih dalam tentang isi dari SMS tersebut.

Begini kira-kira isi dari SMS tersebut

" Orang-orang Bahagia tidak selalu mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya, tapi selalu berusaha mengeluarkan dan mengusahakan yang terbaik dari yang dia dapatkan di hidupnya "

Apakah semua setuju dengan kata-kata tersebut di atas? Kata-kata di atas sungguh sanggat bebas dan bisa diinterpretasikan menjadi begitu berbeda-beda bagi setiap orang. Agar tidak terjadi kesalahan persepsi dan pengertian mari kita bahas lebih lanjut mengenai kebahagian dan sesuatu yang terbaik tersebut.

Mungkin ada yang berkata kebahagian adalah konsekwensi dari sebuah keputusan yang harusnya yang terbaik. Tapi saya sungguh tidak dapat 100% setuju dengan hal itu. Jika mendapatkan yang terbaik pastinya akan berakhir dengan bahagia (idealnya sih! tar lain waktu saja membahas bagian yang tidak idealnya) . Itu tidak bearti dengan tidak mendapatkan yang terbaik maka kamu tidak bisa bahagia, ini bukan biimplikasi teman! Menurut saya kebahagian itu adalah pilihan. Seandainya kita melakukan sesuatu yang salah di mana berakibat membuat kita mendapatkan sesuatu yang jauh dari kata "the best", lalu apakah kita tidak akan pernah bahagia? JELAS TIDAK dan juga TIDAK JELAS . Mari saya coba jabarkan jawaban ambigu tersebut.

Jawaban TIDAK JELAS, karena semuanya terngatung pada kita! Mungkin pada awalnya orang-orang di sekitar kita akan mulai mempergunjingkan tetang kesalahan dan ketidak mujuran kita mendapatkan sesuatu yang " not the best" , tapi pada akhirnya yang akan menghukum diri kita paling berat adalah kita sendiri. Istilah "the best" sebenarnya hanya label paling umum yang bisa terpikirkan oleh manusia untuk menceritakan unsur pembentuk
kebahagian, tanpa sadar kebahagian telah ada hanya perlu dipupuk. Saya juga tidak bermaksud menyuruh anda-anda sekalian untuk bernyanyi dengan nyaring di antara upacara pemakaman. Di sini yang saya maksud dengan bahagia adalah sikap batin menerima yang pastinya akan berujung pada bahagia itu sendiri. Kebahagian adalah pilihan! Jika saya memilih untuk berbahagia, maka saya akan bahagia, begitu juga sebaliknya. Karena sebenarnya yang paling kuat menentang kita untuk berbahagia (baca : bisa menerima kenyataan dengan lapang dada) adalah diri kita sendiri.

Untuk jawaban JELAS TIDAK, kembali seperti penjelasan saya sebelumnya. Semua tergantung pada diri kita masing-masing. Apa kita akan tetap berada pada posisi korban dan selalu merasa tak akan bahagia maka selamanya kita memang tidak akan bahagia, walau sebenarnya arti bahagia itu sendiri sangat relatif ( bahh..bisa panjang kalo ngebahas yang ini! ambil versi umum aja ya.. ) . Analogi gampangnya nasi yang jadi bubur, walau ditangisi 7 hari 7 malam juga ga bakal bisa jadi nasi lagi toh?! Soo.. dibanding nangisi nasinya 7 hari 7 malam tanpa hasil, mendingan buburnya ditambahin cakue plus ayam suwir ( ini yang dimaksud dengan mencoba melakukan yang terbaik dari yang ada ) . Jadi deh bubur ayam yang menggoda! (slrrp.. jadi lapar!)

Sebuah contoh sederhana lainnya saya ingin membangun sebuah rumah, di sini memiliki rumah kita asumsikan sebagai kebahagian. Bahan paling baik atau bahasa kerennya "the best" yang digunakan untuk membangun rumah yang kokoh adalah beton (bagi yg arsitek n sipil, muup kl salah ya.. hanya permisalan) . Saya tidak memiliki beton untuk membangun rumah tersebut ntah karena alasan apapun, lalu apakah berarti saya tidak mungkin memiliki rumah? Tentu tidak! atau jawabnya lebih tepat tidak tentu? (penjelasannya setali tiga uang dengan jawaban di atas) . Kadang kita terlalu lama terfokus pada satu tempat sampai-sampai melupakan bagian lain yang seharusnya tidak kala pentingnya, bagian lain yang jika dipupuk dan dikembangkan juga bisa menjadi sangat berharga. Saya mungkin memang tidak memiliki beton tapi sebenarnya saya memiliki bata. Bata memang bukan bahan terbaik yang dapat digunakan untuk membuat rumah, tapi bata yang terbaik juga dapat disulap menjadi rumah yang kokoh teman! Jangan lupa hal itu..

Pada akhirnya, toh saya tetap memiliki sebuah rumah! rite? mungkin tornado akan menerbangkannya? (maksudnya tidak akan sekuat beton) kapan? Jika memang itu terjadi, saya akan coba menggumpulkan puing-puing yang tersisa dan kembali membangun rumah untuk saya. Hanya segores pemikiran yang ingin saya bagikan! Untuk menyadari adanya bata diantara ketiadaan beton memang tak segampang yang saya tuliskan di atas, karena sayapun sedang " on progress " buat menerapkannya di hidup saya.

I must remember this in my mind!
" Kebahagiaan adalah pilihan! Jika saya memilih bahagia maka saya akan bahagia... "
Ingin bahagia? pilih lah BAHAGIA... ingat..ingat... contreng ya!! >,<

Hanya sedikit perbedaan kata-kata antara mengamini dengan mengimani (hanya penempatan kata yang berbeda) , tapi dibutuhkan usaha dan kemauan yang cukup besar dari hanya sekedar mengamini dengan coba untuk mengimani hal tersebut.


Bandung, 2009-04-04
ivy

4 comments:

Teenager Talks said...

good day
this is my first visit!
nice blog u have, good :)

Ivy.Puppy said...

Thx uda berkunjung ke gubuk saya..
>,<

Cm4nk said...

Hmm topik yg berat Vy..

Kebahagiaan mang berawal dan berakhir dari pikiran kita masing2..

Tapi buat yg quote "nyanyi nyaring2 di pemakaman" ,lha bukannya orang mang nyanyi kidung pujian pas pemakaman?? mhehehe *ketwa jahil*

Ivy.Puppy said...

@ cmank :

Lemparr kaw....
u know what i means!! xb