About Me

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
me? just try to figure it out by ur self! check my another blog : http://blueismycolour.wordpress.com/ FB & YM : ivy_puppy@yahoo.com follow me @ivypuppy

Saturday, December 26, 2009

christmas n Me

----Beberapa hari yang lalu aku mencari sebuah perasaan, yang baru kusadari hilang dari diriku. Lalu tanpa sengaja dengan tiba-tiba aku mendapatkan jawabannya tergeletak begitu saja di bagian otakku yang lain. Ntah...mungkin terdengar konyol! Tapi itu yang kurasakan.

Hingga H-2 sebelum Natal aku masih belum bisa merasakan dengan pasti feeling tentang natal. Walau semua ornamen yang mengingatkan Natal telah membanjiri setiap tempat, aku masih tetap tidak merasakan “greget”nya Natal. Seperti ada yang hilang dan kurang tahun ini, persis seperti yang telah kuceritakan di note ku sebelumnya.

Selama ini natal bagiku berarti liburan, berada di rumah yang hangat, ditemani oleh segudang teman-teman dekat, hadiah, makanan enak. Tapi Natal kali ini karena satu dan lain hal aku memilih untuk jauh dari rumah dan kehangatan yang selama ini ditawarkan oleh kota kelahiranku itu. Aku memilih merayakannya di kota lain. Walau tak sesuai dengan rencana awal ingin merayakannya sendiri terasing dari semua teman dan kerabat.

Hal itu membuatku bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah bagiku makna Natal hanya sebegitu sempit? Sebenarnya pertanyaan ini salah satu dalang dari melencengnya perayaan Natalku tahun ini, bukan di Padang. Aku ingin mencari sendiri jawabannya, “learning by doing” bahasa kerennya dan membuat semua berujung pada pertanyaan-pertanyaan lain yang memenuhi kepalaku.

Lalu aku tetap melaluinya sesuai dengan rencana walau tanpa “soul” yang kucari, hingga di malam natal yang harusnya diselimuti haru. Datang ke gereja 15 menit sebelum misa yang bisa dibilang cukup telat untuk mendapatkan tempat yang strategis. Berujung dengan duduk di luar tanpa tenda. Cukup jauh dari bangunan gerejanya hingga bisa mendengar semua lalu lalang kendaraan serta mencium aroma selokan. Ditambah dengan jam misa yang rupanya kurang tepat karena menyebabkan terjadinya pertempuran “ritual” dengan adzan dari mesjid seberang. Completely mess!

Di antara nyala lilin yang kini ditemani dengan suara-suara heboh lainnya, di antara lagu “Malam kudus” yang sama sekali tidak senyap tersebut saya merasa tersentuh ketika mengkumandangkan lagu itu. Bergetar tanpa sebab dan alasan apapun, hanya tiba-tiba merasa saat hening dan jauh dari semua kegaduhan dan kehebohan orang-orang di sekitar yang masih sibuk mencari tempat duduk.

Aku tersentak lagi ketika mendengar suara uskup yang kebetulan merayakan misa hari itu. Sepanjang misa itu berlalu seperti biasa bahkan lebih heboh dari biasa, ada adegan kehujanan di tengah-tengah misa, berpindah tempat dan beberapa hal lainnya tapi semuanya biasa saja. Namun ada sesuatu yang berubah! Aku mungkin sedikit mengerti tentang makna Natal, setidaknya untukku!

Natal bukan tentang seberapa banyak orang yan mengelilingimu, bukan tentang berapa banyak hadiah yang kamu dapatkan, bukan tetang berapa banyak pelukan dan jabatan tangan yang kamu terima, tapi ini tentang dirimu, hatimu. Natal tak ada hubungannya dengan ritual dan pakaian apa yang kamu kenakan. Natal bukan tentang berapa banyak yang kamu dapat, tapi lebih tentang berapa banyak yang bisa kamu berikan dari hatimu.

Sepertinya aku harus lebih banyak memberi dan memeluk hangat hatiku. Bukan selalu berharap orang lain yang akan melakukannya untukku. Bukan menggantungkannya kepada sebagian orang ataupun kepada suatu benda. Teringat kata-katanya Dee, di dalam hatimu ada sebuah ruang yang sangat lembut dan rentan,ruangan yang hanya kamu yang berhak ada di dalamnya.



Merry X’mas everyone.. Penemuan ini jadi hadiah natal yang indah buatku! Semoga aku bisa mengimaninya bukan sekedar mengamini, amien!

Sekarang aku sedikit mengerti, mengapa aku merasa ada yang kurang, sepertinya aku tak memberi apapun sehingga aku tak merasakan apapun! Hihihi…. ^^V

Bandung,2009-12-26
Ivy
*biru dalam penemuannya, agak terlambat ditulis karena satu dan lain hal. Hihihi…

gambar dipinjam dari sini

No comments: